Saturday 12 April 2014

PETANDA KIAMAT BESAR ? 15 APRIL 2014 FENOMENA BULAN BERWARNA `MERAH DARAH`

BULAN MERAH DARAH 15 APRIL 2014

Houston Sebuah fenomena alam menarik akan terjadi pada malam 14-15 April 2014. Saat itu, akan terjadi gerhana bulan.

Sebelum tengah malam, satelit Bumi itu akan berwarna kemerahan. Seperti darah (blood moon).

Gerhana pertengahan April menjadi yang pertama dari gerhana penuh dari 4 gerhana bulan berturut-turut atau 'tetrad series of eclipses' tahun 2014. Empat gerhana berturut-turut adalah peristiwa yang cukup jarang berlaku. Seri tersebut terakhir terjadi pada tahun 2003 dan 2004. Ini hanya akan terjadi tujuh kali lagi di abad ini.

Segelintir orang meyakini blood moon itu adalah sebuah pertanda, baik kiamat atau akan datangnya bencana.

Seperti dongeng yang dimuat dalam buku, "Four Blood Moons: Something Is About to Change"(Worthy Publishing, 2013) karya John Hagee, yang menunjukkan hubungan antara 4 gerhana bulan penuh dengan nurbuat soal kiamat.

Menurut ilmuwan, ketika mekanisme di balik gerhana yang kurang difahami dengan baik, mereka dianggap pertanda khabar buruk, seperti halnya komet. Seperti Komet Elenin yang pernah dianggap planet liar Nibiru, yang akan menabrak dan mengguncang Bumi. Kini Elenin telah mati.

"Sekarang orang tahu bahwa gerhana seperti itu hanya kejadian normal, pada siklus tata surya, hal-hal yang telah terjadi secara teratur selama ribuan tahun dan yang akan terjadi selama ribuan tahun ke depan," demikian ujar Geoff Gaherty dari Starry Night Education, seperti Liputan6.com kutip dari web sains SPACE.com, Kamis (10/4/2014).

Dia menambahkan, kaitan antara 'ramalan bencana' dan kejadian astronomi hanya karangan dari pikiran manusia. "Satu-satunya hal yang terjadi selama gerhana bulan adalah bahwa Bulan menghabiskan beberapa jam melewati bayangan Bumi, hampir tidak ada sesuatu yang harus dikhawatirkan."

Berkat internet, orang-orang mendengar tentang bencana yang terjadi di sudut Bumi yang lain, termasuk gempa, tsunami, erupsi gunung -- yang tak pernah mereka pedulikan di masa lalu.

"Sebagai pengamat langit yang antusias, saya sedih mengetahui banyak hal-hal indah di langit seperti gerhana bulan, dianggap sebagai pertanda bencana," tambah Geoff Gaherty.

'Blood Moon'

Istilah blood moon amat jarang digunakan dalam kalangan astronomi. Kalaupun menggunakannya, para astronomi menggunakannya sebagai sebagai nama alternatif untuk Hunter's Moon (bulan purnama yang mengikuti Harvest Moon, yang biasanya muncul pada akhir Oktober).

Hunter's Moon, seperti juga Harvest Moon, naik perlahan pada malam musim luruh sehingga bersinar melalui lapisan tebal atmosfera Bumi. Warnanya menjadi merah oleh hamburan Rayleight (hamburan elastis dari cahaya atau radiasi elektromagnetik lain oleh partikel lain) dan polusi udara.

Namun, sebuah gerhana bulan adalah sesuatu yang sangat berbeza. Itu terjadi saat Bulan melepasi bayangan Bumi.

Bayangan Bumi terdiri dari dua bahagian: sebuah inti gelap disebut "umbra", dan bahagian luar yang lebih terang disebut "penumbra".

Alih-alih gelap total, bayangan inti biasanya menjadi oranye atau merah oleh cahaya yang melewati cincin atmosfera yang mengelilingi Bumi.

Tergantung bagaimana keadaan atmosfera Bumi yang dilewati cahaya Matahari, umbra boleh berwarna dari terang tembaga-merah-hingga hampir hitam sepenuhnya

Pada kesempatan yang jarang berlaku ini cahaya mencapai Bulan memiliki warna seakan darah, tetapi tidak ada cara untuk meramalkan hal tersebut sebelumnya. Jadi, tidak ada alasan untuk menyebut sebuah gerhana bulan tertentu sebagai blood moon hingga akhirnya ia menunjukkan warnanya.

Kerana orbit Bulan sedikit senget dibanding jalur matahari di langit, seringkali Bulan lewat di atas atau di bawah bayangan Bumi, sehingga tak terjadi gerhana.

Kadang Bulan hanya melepasi penumbra dan menghasilkan apa yang disebut gerhana penumbra, di mana bulan hanya sedikit tertutup bayangan Bumi (yang seakan tidak disedari perbezaannya oleh para pengamat langit. Ada 2 gerhana penumbra yang terjadi pada 2013 iaitu pada 25 Mei dan 18 Oktober).

Ada juga gerhana bulan separa, di mana Bulan hanya sedikit tertutup bayangan Bumi. Seperti yang terjadi pada 25 April 2013. Gerhana bulan yang terhitung jarang adalah ketika Bulan melewati bahagian paling gelap dari bayangan Bumi: gerhana bulan total yang terjadi pada 10 Desember 2011.

No comments:

Post a Comment